Makna Berdialog untuk Masa Depan Papua

Dialog (sumber gambar: emotional competency)

Kaka-kaka dan sahabat yang peduli masa depan Papua, tengoklah sejenak dalam hati kita mengapakah masih banyak curiga dalam membangun bangsa. Mengapakah kita habiskan waktu yang sedikit dari Tuhan untuk bermusuhan, kita bangsa cinta damai…kita ingin Papua yang damai, maju dan sejahtera.

Dialog itu banyak modelnya, kita bicara dan diskusi juga dialog, kita demonstrasi juga dialog, kita boikot juga dialog, kita berperang-pun itu juga dialog. Dialog macam mana yang kita kan pilih. Damaikah ?

Ade hanya sedang berpikir-pikir di malam hari yang sunyi…adakah suatu saat kita sadar untuk mengutamakan yang lebih utama dan bersama-sama bekerja untuk perbaikan kondisi Papua, dengan tangan kita, dengan pikiran kita dan dengan segala usaha untuk wujudkan cita-cita.

Apa sebenarnya cita-cita kita? merdekakah ? kesejahteraankah ? otonomikah ? kekuasaankah ? tentu yang sejujurnya ada di dalam hati kita masing-masing.

Mengapakah kita tak bersatu menyampaikan aspirasi kepada pemerintah daerah yang telah dipimpin saudara kita sendiri, juga bersatu menyampaikan pendapat kepada pemerintah pusat di Jakarta?

Apakah yang ingin kita sampaikan? masalah pelanggaran Hak Asasi Manusiakah ? masalah kesehatan yang buruk kah? masalah pendidikan yang kurang kah? masalah pembangunan yang lambat kah? ataukah yang lain-lainnya lagi…semua memerlukan dialog sesama kita dan melibatkan seluruh masyarakat yang saat ini sedang membangun Papua.

Masa depan Papua ditentukan oleh perbuatan kita saat ini, sedangkan perbuatan kita di masa lalu sebagian besar telah terjadi di saat sekarang. Kita perlu membangun komunikasi dengan seluruh kekuatan yang ada dalam masyarakat Papua untuk menyongsong masa depan Papua yang lebih baik, lebih cerah dan lebih beradab karena kita bangsa yang berbudaya.

Berdialog tidak berarti selalu satu pendapat, tetapi ada banyak pendapat dan mencoba memahami perbedaan pandangan diantara kita akan dapat menyatukan jiwa kita yang satu demi masa depan Papua.

Rumah Blog Papua membuka diri untuk pendapat apapun yang kaka-kaka dan sahabat anggap baik untuk masa depan Papua. Semoga dengan mengumpulkan blog-blog Papua yang berserakan, akan terbangun komunikasi sehat dan positif untuk dapat kita sampaikan kepada pihak-pihak yang memiliki kekuatan untuk mewujudkan masa Papua yang lebih baik.

Shalom. Salam damai untuk kita semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s