Dialog Damai untuk Rakyat Papua

Siapapun kita mahluk Tuhan di dunia tidak diperintahkan untuk saling bunuh bukan? Adakah Tuhan Yang Maha Kasih akan membiarkan suku bangsa Papua saling bunuh dan berperang hingga akhir masa? Sementara orang kecil di gunung-gunung tidak dapat menghirup udara kedamaian.

Konflik bukanlah jawaban bagi rakyat kecil, perang juga bukan pilihan yang tepat karena akhirnya rakyat kecil juga yang menjadi korban. Kita harus berjuang dengan semangat perdamaian dalam mencapai tujuan.

Dialog damai telah diajarkan Tuhan Yesus untuk umat manusia, dimana saling memaafkan lebih mulia dari pada saling menyerang dan membunuh. Apabila Militer dan Polisi Indonesia tidak menghentikan aksi kekerasan, maka Tuhan akan membalasnya, yakinlah bahwa Tuhan akan membalasnya. Namun apabila Militer dan Polisi Indonesia telah dikendalikan oleh kebijakan yang didasari oleh kasih Tuhan, maka kita bangsa Papua janganlah memancing kekerasan terus-menerus tanpa melalui dialog damai.

Tidak ada penyelesaian konflik tanpa dialog damai, tidak ada cita-cita dari suatu konflik dapat dipaksakan satu pihak saja. Pemerintah Indonesia tidak dapat memaksakan terus-menerus konsep NKRI, sebaliknya bangsa Papua juga tidak dapat memaksakan kemerdekaan, karena pemaksaan kedua belah pihak akan menghancurkan bangsa Papua sendiri.

Marilah kita berpikir jernih untuk dialog damai.

Shalom, Tuhan berkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s