JK Siap Bawa Perdamaian ke Papua

JAKARTA – Mantan Wapres Jusuf Kalla tetap berkomitmen tinggi untuk terlibat dalam penyelesaian konflik di Papua. Kemarin (15/2) pria yang akrab disapa JK itu hadir di Kantor Komisi Nasional Perlindungan Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk merumuskan konsep perdamaian di Bumi Cendrawasih tersebut.

’’Jusuf Kalla kami ajak berbincang karena mempunyai pengalaman menyelesaikan perdamaian mulai konflik di Aceh sampai Poso,’’ ujar Ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim setelah bertemu dengan JK di kantornya, Jakarta, kemarin (15/2).

Menurut Ifdhal, langkah itu diambil karena pola penyelesaian konflik Papua yang diterapkan pemerintah dengan penegakan hukum sudah tidak tepat. Ifdhal menyatakan, penyelesaian Papua secara parsial seperti itu justru menjadi bom waktu dan memunculkan protes-protes susulan yang berdampak pada penangkapan warga setempat. ’’Karena itu, Pak JK yang berpengalaman menyelesaikan konflik memikirkan langkah secara komprehensif,’’ ujar dia.

JK siap mendukung segala upaya untuk mewujudkan perdamaian di dalam maupun di luar negeri, termasuk di Papua. Dia melihat, walaupun Papua sudah menjadi daerah otonomi khusus (otsus) serta sudah dijalankan dengan baik dan dana besar, masih terjadi letupan-letupan.

Untuk menyelesaikan masalah Papua, saran dia, tahap pertama adalah mempelajari data dan informasi secara lengkap dan rinci, termasuk pelaksanaan otsus. ’’Saya belum ditunjuk sebagai mediator mengingat saat ini kami juga masih harus mempelajari rekomendasi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang telah menyusun road map bagaimana melaksanakan pembangunan di Papua,’’ tegas dia.

Ifdhal menambahkan, wacana Dialog Jakarta-Papua bisa saja dijalankan, asalkan ada kesamaan visi antara masyarakat Papua dan pemerintah (pusat). Namun, menurut dia, pasca tewasnya salah seorang pemimpin gerakan separatis Papua, Kelly Kwalik, situasi semakin memanas. Ada ketidakpuasan sebagian kalangan atas tewasnya Kelly yang ditunjukkan lewat demonstrasi.

Dengan dialog bersama JK itu, diharapkan ada langkah konkret sebelum Komnas HAM menentukan langkah ke depan. ’’Kami bersyukur antusiasme Pak JK sangat memuaskan. Kami juga senang bisa belajar lebih banyak memotret kondisi di daerah dengan sejarah konflik secara komprehensif,’’ jelas Ifdhal. (zul/tof)

Sumber : Radar Jogja

One response to “JK Siap Bawa Perdamaian ke Papua

  1. Jika Anda mengantungkan diri pada keberuntungan saja, maka Anda membuat hidup Anda seperti lotere.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s